Jalan Penghubung Lampung Selatan-Lampung Timur Nyaris Putus

id jalan, penghubung, nyaris, putus

Terpaksa jalan hanya bisa dilintasi satu arah, karena bila dipaksa lewat untuk dua arah, dikhawatirkan kendaraan akan ambles."
Lampung Selatan, (ANTARA Lampung) - Gorong-gorong jalan provinsi penghubung antara Kabupaten Lampung Selatan dan Lampung Timur nyaris terputus di Desa Beringin Kencana Kecamatan Candipuro Lampung Selatan.
        
Kondisi jalan yang dibiarkan rusak sejak dua pekan lalu itu, saat ini sudah dipasangi warga dengan balok-balok kayu agar kendaraan dapat tetap melintasi jalan tersebut," kata Kepala Desa Beringin Kencana, Sutanto, di Candipuro, Minggu.
        
Menurutnya, saat ini warga setempat sudah membuat jembatan darurat agar kendaraan yang hendak menuju arah Kabupaten Lampung Timur atau sebaliknya dapat melintasi ruas jalan itu.
        
Jalan tersebut, kata dia, saat ini hanya mampu dilintasi kendaraan dari satu arah, mengingat pada titik jalan selebar sekitar 8 meter itu, lebih dari separuhnya dalam kondisi rusak berat.
        
"Terpaksa jalan hanya bisa dilintasi satu arah, karena bila dipaksa lewat untuk dua arah, dikhawatirkan kendaraan akan ambles," ujarnya.
        
Pada malam hari, jalan utama yang menjadi urat nadi transportasi jalur darat di lokasi itu, tidak terdapat lampu penerangan jalan, sehingga dikhawatirkan berisiko rawan terjadi kecelakaan¿.
        
"Jangankan lampu, rambu-rambu atau petugas saja tidak ada, sehingga warga berinisiatif memasang balok-balok kayu. Ini pun harus ekstra hati-hati melewati jalan itu," katanya lagi.
        
Kariman (51), warga setempat berharap pihak terkait dapat segera memperbaiki jalan tersebut supaya jalur transportasi di daerah itu dapat lancar dan tidak terganggu lantaran jalan rusak.
        
"Kami ikhlas bergotong-royong seperti ini, supaya jalan dapat dilalui. Tapi kami harapkan jalan ini segera diperbaiki," ujarnya.
        
Ia berharap pemerintah setempat dapat segera memperbaikinya karena merupakan sarana transportasi vital bagi masyarakat setempat.