PNM Gelar Pelatihan Dorong Pengembangan Usaha

id pnm, pku, usaha, mikro, menengah, bantuan, modal

Pengembangan UMKM menjadi salah satu yang harus diprioritaskan adalah peningkatan kualitas usaha atau pengetahuan agar bisa mendorong kesejahteraan masyarakat."
Bandarlampung, 1/3 (Antara) - Permodalan Nasional Madani (PNM) Persero menggelar pelatihan untuk mendorong percepatan dalam pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah ini.

Program pengembangan kapasitas usaha (PKU) merupakan salah satu kegiatan rutin perusahaan dalam mendukung peningkatan hasil usaha milik masyarakat di daerah ini, kata Kepala PNM Lampung, Mulyana Wiriakusuma, di Hotel Amalia Bandarlampung, Minggu.

Menurutnya, pemberdayaan UMKM dalam dimensi pembangunan nasional yang berlandaskan sistem ekonomi kerakyatan tidak hanya diajukan untuk mengurangi persoalan kesenjangan antargolongan.

"Pengembangan UMKM menjadi salah satu yang harus diprioritaskan adalah peningkatan kualitas usaha atau pengetahuan agar bisa mendorong kesejahteraan masyarakat," kata dia lagi.

Ia menyebutkan, pengembangan usaha tidak hanya terpaku pada modal, melainkan membutuhkan pengetahuan tentang peningkatam usaha.

"Teknik pemasaran serta ilmu pengelolaan usaha menjadi salah satu faktor pendukung peningkatan kapasitas usaha milik masyarakat," kata dia.

Nova Kurohman, nasabah unit layanan modal mikro (ULaMM) Pringsewu mengaku senang dengan adanya PNM karena bukan hanya modal saja yang diberikan melainkan bimbingan teknis pengembangan usaha milik masyarakat.

"Baru PNM ini saja yang memberikan modal dan pendampingan serta pemberian pemahaman tentang pengembangan usaha," ujarnya pula.

Ia juga berharap, ke depan PNM bisa mengadakan pelatihan di wilayah Pringsewu untuk meningkatkan kapasitas usaha.