Juve Menang 2-1 Atas Dortmund

id juve, menang, dortmund, champions

Juve Menang 2-1 Atas Dortmund

Penyerang Juventus, Carlos Tevez (kiri), merayakan gol yang dicetak ke gawang Borussia Dortmund pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Juventus Stadium, Turin, Selasa (24/2/2015). (AFP/GIUSEPPE CACACE)

Turin, (Antara/Reuters/ANTARA Lampung) - Juventus membayar lunas kesalahan yang dilakukan bek Giorgio Chiellini dan cedera di babak pertama yang dialami pengatur permainan Andrea Pirlo, untuk menang 2-1 atas Borussia Dortmund pada pertandingan Liga Champions yang berlangsung cepat pada Selasa (Rabu WIB).
        
Carlos Tevez memasukan bola dari jarak dekat untuk membawa sang juara bertahan Liga Italia memimpin pada menit ke-13, namun kesalahan yang dibuat oleh Chiellini lima menit kemudian membuat Marco Reus dapat menyamakan kedudukan.
        
Pada pertandingan yang berlangsung dalam atmosfer sengit ini, Juventus mendapat hantaman lain pada pertandingan pertama putaran 16 besar ketika Pirlo harus meninggalkan lapangan akibat cedera pada menit ke-30.
        
Namun gol yang dibukukan Alvaro Morata sebelum turun minum membuat mereka mengantungi keunggulan menjelang pertandingan kedua, yang terlihat akan menjadi pertandingan sengit lainnya.
        
Kedua tim menekan tanpa kenal lelah, memaksa pihak lawan untuk melakukan sejumlah kesalahan.
        
Juventus mendapatkan gol pemecah kebuntuan mereka, melalui pergerakan yang diawali dan diakhiri oleh Tevez.
        
Ia dengan cerdik mengoperkan bola ke Morata di garis tengah lapangan, pemain Spanyol itu merangsek di sisi kiri dan mengirim umpan silang yang ditepis kiper Roman Weidenfeller, namun bola jatuh ke arah Tevez dan pemain Argentina ini tanpa kesulitan memasukan bola dari jarak dekat.
        
Namun bencana menerpa Juventus lima menit kemudian, ketika bek Chiellini terjatuh saat ia ingin melakukan intersep, sehingga Reus dapat berlari menuju gawang untuk kemudian menaklukan Gianluigi Buffon.    
   
Kesalahan itu nyata mengguncang tuan rumah, dan ketika mereka kehilangan Pirlo karena cedera, Dortmund mengambil alih kendali permainan.
        
Mengatasi semua hadangan, Juventus kembali memimpin dua menit sebelum turun minum di mana Tevez dan Morata kembali terlibat dalam proses terciptanya gol.
        
Tevez mengoperkan bola kepada Paul Pogba di sisi kiri, dan umpan silang mendatarnya diteruskan Morata dengan sepakan kaki bagian samping untuk menaklukan Weidenfeller.
        
Babak kedua berlanjut dengan pola serupa, di mana Dortmund menikmati lebih banyak penguasaan bola dan Juventus, meski merupakan tim tuan rumah, lebih banyak mengandalkan serangan balik.
        
Tevez mendapat peluang untuk mencetak gol ketika tembakannya melintasi tiang gawang dari tepi kotak penalti.

A.R.A Adipati