Cuaca Perairan Lampung Hujan

id Cuaca Perairan Lampung Hujan

Cuaca Perairan Lampung Hujan

Kapal kargo (kiri) dan kapal feri (kanan) sedang berlayar di Selat Sunda bagian utara. Angkutan kapal merupakan penghubung utama Jawa dan Sumatera. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (Antara Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan pada Sabtu hingga Minggu (1/2) pagi, kondisi cuaca di wilayah perairan Lampung diprakirakan hujan.
        
"Keadaan cuaca diprakirakan hujan di seluruh wilayah perairan Lampung," kata prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Lampung, Agustinus Setyo Nugroho, di Bandarlampung, Sabtu.
        
Ia menyebutkan, angin di atas wilayah perairan Indonesia, di utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari utara sampai timur laut, dan di selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah barat daya sampai timur laut dengan kecepatan angin antara tiga sampai 25 knot.
        
"Tidak ada peringatan cuaca buruk di perairan Lampung. Namun kondisi tersebut memberikan peluang pertumbuhan awan dan hujan disertai badai guntur dapat terjadi di perairan Lampung dan Selat Sunda," ujarnya lagi.
        
Informasi cuaca di perairan Pantai Barat Lampung diperkirakan hujan, tinggi gelombang 0,5--1,25 meter, dan tinggi gelombang maksimum diprakirakan 1,25--2,0 meter, angin berembus dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 3--10 knot.
        
Kondisi cuaca di perairan Pantai Timur Lampung hujan, angin berembus dari barat laut dengan kecepatan 5--15 knot, tinggi gelombang 0,5--1,25 meter, dan tinggi gelombang maksimum diprakirakan 1,25--2,0 meter.  
   
Cuaca di perairan Samudra Hindia barat Lampung angin berembus dari barat laut dengan kecepatan 5--15 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang 0,5--1,25 meter, dan prakiraan tinggi gelombang maksimum 1,5--2,5 meter.
        
Agustinus menyampaikan, prakiraan cuaca di perairan Selat Sunda bagian utara (Merak-Bakauheni), angin dari arah barat daya ke barat laut dengan kecepatan 3--10 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang antara 0,5--0,75 meter, dan prakiraan tinggi gelombang maksimum 0,75--1,5 meter.
        
Pada perairan Selat Sunda bagian selatan, angin berembus dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 3--10 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang antara 0,5--1,25 meter, dan tinggi gelombang maksimum diprakirakan 1,25--1,5 meter.  
   
Prakiraan cuaca dan gelombang laut itu berlaku 24 jam, mulai 31 Januari pukul 07.00 WIB hingga 1 Februari 2015 pukul 07.00 WIB.