BKKBN: Kependudukan Isu Penting Pembangunan '

id isu,,jumlah demografi,bkkbn,penduduk

BKKBN: Kependudukan Isu Penting Pembangunan '

Dua Anak Lebih Baik (www.bkkbn.go.id)

Isu bonus demografi dan jendela peluang yang dimiliki oleh Indonesia telah menjadi bagian penting dari perencanaan pembangunan,"
Jatinangor, (ANTARA Lampung) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional menyatakan perkembangan kependudukan merupakan isu penting bagi pembangunan.
         
"Isu bonus demografi dan jendela peluang yang dimiliki oleh Indonesia telah menjadi bagian penting dari perencanaan pembangunan," kata Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, Ambar Rahayu di Jatinangor, Jawa Barat, Rabu.
         
Dia menyatakan hal tersebut pada acara Pertemuan Ilmiah Nasional Kependudukan dan Pembangunan Berkelanjutan di Universitas Padjadjaran.
         
Dia mengatakan Induk Pembangunan Berwawasan Kependudukan telah ditetapkan sebagai tonggak penting lainnya bagi penentuan arah pembangunan sumber daya manusia di Indonesia.
         
"Dengan kata lain komitmen para pemangku kepentingan untuk memperhatikan dan memperhitungkan perkembangan kependudukan pada proses pembangunan di masa mendatang telah meningkat," katanya.
         
Dia menambahkan yang terpenting adalah melaksanakan upaya untuk menjawab tantangan atas perkembangan kependudukan di Indonesia saat ini dan di masa mendatang.
         
"Saya berharap hasil pertemuan ilmiah nasional ini dapat menjadi masukan penting bagi peningkatan komitmen Pemerintah dan seluruh komponen pembangunan terhadap pelaksanaan pembangunan bidang kependudukan, yaitu pembangunan yang berkelanjutan," katanya.
         
Dia berharap Ikatan Praktisi dan Ahli Demografi Indonesia (IPADI), para civitas akademika, praktisi kependudukan, serta seluruh tokoh kependudukan dapat memberikan sumbangan yang lebih banyak bagi pembangunan kependudukan di Indonesia di masa depan.