Bupati Lampung Barat Raih Penghargaan Kementerian PDT

id upati Lampung Barat Raih Penghargaan Kementerian PDT

Liwa, Lampung (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri menerima penghargaan Tokoh Perdesaan Sehat Award 2014 yang akan diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi pada Kamis, di aula kantor Pemkab Gowa Sulawesi Selatan.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lampung Barat Burlianto Eka Putra, saat dihubungi di Liwa, Kamis (20/11), mengatakan Perdesaan Award 2014 merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada para pihak yang berkotmitmen dan konsisten dalam pelaksanaan kebijakan pembangunan perdesaan sehat.

"Perdesaan Award 2014 ini adalah tahun kedua pemberian penghargaan bagi 18 tokoh, antara lain kepala daerah, tujuh dokter puskesmas, tujuh bidan desa, satu tenaga sanitarian, satu tenaga gizi, dan tujuh kader relawan perdesaan sehat. Penghargaan yang diberikan diharapkan akan menjadi motivasi untuk tetap berkomitmen dalam mewujudkan pembangunan perdesaan sehat di daerahnya masing-masing," ujar Burlianto lagi.

Kriteria yang ditentukan sehingga Kabupaten Lampung Barat mendapatkan penghargaan itu, menurut dia, antara lain berkotmitmen di bidang kesehatan, adanya dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tentang kesehatan, Dokumen Rencana Aksi Daerah untuk Kesehatan dan Peraturan Bupati (Perbup) untuk Perdesaan Sehat bekerjasama dengan konsultan dari Universitas Andalas Padang.

"Kami sangat berbangga karena hanya dua kabupaten di Provinsi di Lampung yang menerima penghargaan ini, yaitu Lampung Barat dan Lampung Utara dari 18 kabupaten di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat dalam tahapan penilaian," kata dia lagi.

Para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan itu adalah Bupati Pakpak Bharat (Remigo Yolando Barutu MBA), Bupati Sijunjung (Drs Yuswir Arifin MH), Bupati Lampung Utara (Agung Ilmu Mangkunegara SSTP MH), Bupati Lampung Barat (Drs Mukhlis Basri MM), Bupati Sitobundo (Danang Wigiarto SH), Bupati Lebak (Iti Oktavia Jaya Baya SE), Bupati Sabu Raijua (Ir Marthen Luther Diratome), dan Bupati Sumbawa Barat (Zukifli Mudali).

Kepala daerah lainnya yang menerima penghargaan itu adalah Bupati Sumba Barat (Jubilate Pieter Pandango), Bupati Lombok Tengah (Moh Suhaili Fadhil Thohir SH), Bupati Dompu (Drs Bambang M Yasin), Bupati Manggarai Timur (Drs Yoseph Toto MSi), Bupati Pangkajene dan Kepulauan(Syamsudin A Hamid SE), Bupati Muna (Dr LM Baharudin MKes), Bupati Konawe Selatan (Drs Imron MSi), Bupati Halhamera Timur (Rudy Erawan SE MSi), Bupati Seram Bagian Barat (Jacobus Predeeik Puttiki Halat), dan Bupati Raja Ampat (Drs Markus Wauma MSi).