PLTP Ulubelu Pasok 110 Mw Listrik Lampung

id plpb,suoh,ulubelu,listrik lampung

Terdapat dua pembangkit di PLTP Ulubelu, masing-masing dengan kapasitas 55 mw."
Tanggamus, Lampung,  (ANTARA Lampung) - Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, mampu memasok 110 megawatt kebutuhan listrik di Provinsi Lampung.
        
"Terdapat dua pembangkit di PLTP Ulubelu, masing-masing dengan kapasitas 55 mw," kata Manajer PLTP Ulubelu Teuku Kaldun, Selasa.
        
Ia mengatakan PLTP Ulubelu merupakan pembangkit listrik panas bumi pertama di Sumatera dan telah dioperasikan sejak Oktober 2012.
      
PLTP Ulubelu, lanjutnya, masuk wilayah kerja PLN sektor Bandarlampung dengan daya terpasang saat ini sebesar 351 WM. Sementara waktu beban puncak listrik saat ini mencapai sekitar 780 MW-800 MW.
        
"Artinya PLN sektor Bandarlampung mampu memasok sekitar 40 persen kebutuhan listrik di Lampung," katanya pula.
        
Namun demikian menurutnya, Lampung saat ini masih defisit listrik sehingga masih dipasok dari interkoneksi Sumatera Bagian Selatan.
        
Sementara lanjutnya, pembangkit listrik lainnya seperti PLTD Sebalang masih dalam pengerjaan, sedang PLTP Ulubelu unit 3 dan 4 milik PT Pertamina diperkirakan akan beroperasi pada 2016.
        
PT PLN saat ini lanjutnya, fokus mengerjakan transmisi listrik di lintas timur Sumatera sehingga nanti terdapat dua arah transmisi yakni lintas tengah dan lintas timur Sumatera.
        
Teuku menyebutkan, transmisi itu merupakan bagian dari interkoneksi dari Sumatera Bagaian Selatan yang memasok listrik ke Lampung sekitar 260 MW-270 MW.
        
"Apabila pembangunan transmisi listrik lintas timur Sumatera selesai, maka pasokan listrik ke Lampung bisa mencapai 500 MW," katanya.
        
Sehingga menurut dia, diperkirakan Lampung dapat mengatasi defisit listrik apabila transmisi tersebut telah selesai dikerjakan. "Lampung bakal tak padam lagi jika transmisi itu dapat digunakan. Meski salah satu mengalami gangguan transmisi lainnya dapat dipakai," kata dia menambahkan.
        
"Lampung merupakan daerah pengguna listrik terbesar di Sumatera dengan pelanggan mencapai 1,66 juta pelanggan hingga September 2014.
        
Sementara sumber geothermal di Lampung cukup besar dan diperkirakan potensinya bisa menghasilkan listrik 2.687 MW.
        
Selain Ulubelu, potensi panas bumi Lampung terdapat di Sekincau Lampung Barat, Gunung Rajabasa Lampung Selatan, dan beberapa daerah lainnya.