KPK-PPATK Serahkan Dokumen Calon Menteri

id Kabinet Jokowi-JK

Jakarta (ANTARA Lampung) - Mantan Deputi Tim Transisi Andi Wijayanto mengatakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah menyerahkan dokumen terkait para calon menteri kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Berkas nama terakhir sudah diserahkan tadi siang dan kini sedang dipelajari oleh Pak Jokowi," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (24/10) malam.

Berkas tersebut, menurut Andi, telah diserahkan langsung oleh pimpinan KPK dan Ketua PPATK kepada Presiden Jokowi.

Andi mengatakan bahwa sampai sejauh ini dirinya tidak mengetahui hasil dokumen KPK yang diserahkan.

Namun demikian, bila Presiden telah selesai mempelajarinya dan hasilnya tidak ada yang perlu direvisi maka Presiden akan segera mengumumkannya.

"KPK sudah dan sudah dipelajari, kalau hasilnya tidak mengharuskan ada yang direvisi, kabinetnya sudah bisa diumumkan," kata dia menegaskan.

Saat ditanya kapan Presiden Jokowi akan mengumumkan kabinetnya, ia menjawab bisa saja Jumat malam ini atau mungkin Sabtu (25/10) pagi, tergantung dari Presiden Jokowi.

"Pada dasarnya kalau tidak ada masalah kabinetnya sudah siap, tergantung Pak Jokowi mau kapan mengumumkan, malam ini atau besok tergantung dari hasil yang diserahkan," katanya.

Namun ia memastikan pengumuman akan dilaksanakan di Istana. "Lokasi pengumuman, di Istana sederhana ya, pada dasarnya adalah yang penting melakukan komunikasi ke publik, bahwa penyusunan kabinet sudah selesai dan pelantikan akan dilakukan sesegara mungkin. Mungkin hari Senin (27/10)," katanya.