Pimpinan DPRD Waykanan Dikukuhkan

id pimpinan dprd waykanan dikukuhkan

Waykanan, Lampung,  (ANTARA Lampung) - Ketua Pengadilan Negeri BlambanganUmpu Dodong R Iman mengukuhkan pimpinan DPRD Kabupaten Waykanan Provinsi Lampung periode 2014--2019 pada sidang paripurna istimewa di Blambanganumpu, sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Rabu.
        
Ketua DPRD Kabupaten Waykanan Raden Adipati Surya dalam sambutannya menyatakan, tiga partai politik yakni Demokrat, Gerindra, dan PDI Perjuangan beberapa waktu lalu telah menyerahkan surat terkait unsur pimpinan dewan.
        
"Surat tersebut sudah ditindaklanjuti, sehingga pada Kamis 2 Oktober 2014, ditetapkan nama-nama pimpinan DPRD Waykanan 2014--2019," ujar Adipati yang juga Ketua DPD KNPI Waykanan itu pula.
        
Pimpinan DPRD Kabupaten Waykanan yang dikukuhkan hari ini, yaitu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Waykanan Lampung Raden Adipati Surya sebagai Ketua, Abdul Haris Nasution Ketua DPC Partai Gerindra Waykanan menjadi Wakil Ketua I, dan Beta Juana politisi PDI Perjuangan menjadi Wakil Ketua II.
        
"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Ketua Dewan dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Waykanan dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Dalam menjalankan kewajiban saya juga akan bersungguh-sungguh, demi kehidupan demokrasi, bangsa, negara yang lebih baik daripada mementingkan kepentingan pribadi dan golongan," ujar ketiga pimpinan dewan itu mengucapkan sumpah yang dibacakan Dodong R Iman di bawah kitab suci Alquran yang diangkat M Thohir dari Kemenag Waykanan.
        
Sebelumnya, berdasarkan usulan sementara pada Pengukuhan dan Pengambilan Sumpah Janji Anggota DPRD Kabupaten Waykanan Masa Bakti 2014--2019, Selasa (19/8), Adipati Surya didaulat memimpin DPRD Kabupaten Waykanan didampingin Abdul Haris Nasution.
        
Berdasarkan ketetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat pada rapat pleno, Selasa (13/5), Adipati meraih 5.481 suara, lalu Abdul Haris Nasution meraih 5.030 suara, dan Beta Juana meraih 2.397 suara.
        
Pada paripurna itu pula, DPRD Kabupaten Waykanan menetapkan tujuh fraksi, yaitu Fraksi Partai Demokrat dan PKS diketuai Nikman Karim, Fraksi Partai Golkar dipimpin Marsidi Hasan Ketua DPD Golkar yang juga Ketua DPRD Waykanan 2009--2014.
        
Selanjutnya Fraksi PDI Perjuangan dan Partai Nasdem diketuai Danuri, kemudian Fraksi Hanura diketuai Joni, Fraksi PKB Agus Nowo, Fraksi PPP dan PAN dipimpin Rozali Usman, kemudian Gerindra dipimpin Adinata.
        
Berkaitan dengan kepemimpinan Raden Adipati Surya, aktivis 98 di daerah itu Cahyalana optimistis pemuda akan mudah menerima hal-hal baru.
        
"Pemuda akan lebih brilian dalam aspek berpikir, meninggalkan karakter feodalisme, visioner, dan lebih berdialetika," ujar Cahyalana menanggapi terpilihnya Ketua KNPI Waykanan itu sebagai Ketua DPRD Waykanan definitif.
        
Hadir pada paripurna itu, Kapolres Waykanan AKBP Kunto Prasetyo, Ketua Kejaksaan Negeri Blambanganumpu RM Ari Prioagung, Bupati Bustami Zainudin, Wakil Bupati Raden Nasution Husin, Sekdakab Bustam Hadori, dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah di Waykanan, sejumlah pimpinan LSM, dan organisasi pemuda seperti GP Ansor.