Warga Waspada Ancaman DBD dan Diare

id warga,waspada,dbd,diare,pancaroba

Di musim pancaroba seperti ini prilaku hidup sehat sangat penting."
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Warga Kota Bandarlampung perlu mewaspadai ancaman penyakit Demam Berdarah Degue (DBD) dan diare, mengingat saat ini telah memasuki musim pancaroba.
        
"Di musim pancaroba seperti ini prilaku hidup sehat sangat penting," kata Kepala Bidang Pelayan Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandarlampung dr Meilia Mardiana, di Bandarlampung, Rabu.
        
Dia mengatakatan cuaca kadang panas dan kadang hujan, berdampak pada kondisi tubuh manusia yang menurun. Untuk itu diminta kepada semua masyarakat Bandarlampung untuk selalu waspada dan menjaga kebersihan dilingkungannya.
        
Masyarakat pun harus sering melakukan pemberantasan sarang nyamuk, melakukan pembersihan dilingkungan dan menerapkan cuci tangan pakai sabun. Sejumlah tanda-tanda terserangnya penyakit diare, dalam waktu singkat melakukan Buang Air Besar (BAB) minimal empat kali.
        
Ia melanjutkan untuk penangannya harus sesegera mungkin diberikan obat penangkalnya, dan terpenting adalah setiap cairan yang keluar harus segera diganti, dengan cara minum sebanyak mungkin.
        
"Diare itukan terkurasnya cairan didalam tubuh, jadi untuk menanganinya harus segera berobat dan jangan lupa minum sebanyak mungkin untuk mengganti cairan yang keluar," katanya.
        
Untuk penyakit DBD dijelaskannya, tidak jauh berbeda dengan diare penanganan awalnya harus minum yang banyak. Tapi tetap harus sesegera mungkin mendapatkan penanganan dari medis, seperti cek darah di lab.
        
Dirinya menghimbau, kepada masyarakat agar memperhatikan kebersihan lingkungan disekitar tempat tinggal. Jangan sampai ada parit yang tidak mengalir yang menyebabkan genangan air, dan dijadikan sebagai sarang nyamuk.
        
Terkai jajanan anak-anak disekolah sangat perlu diperhatikan, jangan sampai membeli makanan yang tidak ada bungkusnya. Karena dimusim pancaroba ini debu dan bakteri berterbangan.
        
"Bisa dibayangkan saja cuaca kadang panas kadang hujan hingga menimbulkan debu dan bakteri yang pasti berterbangan kemana-mana, bisa saja hinggap ke makanan. Makanya saya sarankan kalau anak-anak jajan, belilah makanan yang ada bungkusnya," katanya.