DPRD-Pemkab Lampung Selatan Tingkatkan Kerja Sama

id DPRD Lampung Selatan, kantor pemkab lampung selatan

Pola seperti ini diharapkan dapat memberi manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat."
Kalianda, Lampung Selatan, (ANTARA Lampung) - Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP mengharapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan pemerintah kabupaten setempat dapat bersinergi dalam melaksanakan program pembangunan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.

"Diharapkan hubungan eksekutif dan legislatif menjadi lebih baik lagi dalam mendorong pembangunan serta menyejahterakan masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan," kata Rycko, di Kalianda Lampung Selatan, Jumat.

Pada Kamis (16/10) telah dilangsungkan pelantikan ketua dan wakil ketua DPRD Lampung Selatan masa jabatan 2014--2019 dalam sidang paripurna di DPRD setempat.

Berkaitan itu, Bupati Rycko berharap dengan pelantikan pimpinan DPRD itu, kinerja dan pelayanan untuk kepentingan masyarakat daerah ini dapat ditingkatkan.

Menurutnya, dalam rangka melaksanakan kedaulatan rakyat salah satunya adalah lewat lembaga perwakilan rakyat.

Untuk itu, DPRD diharapkan mampu mengejawantahkan nilai-nilai demokrasi serta dapat menyerap dan memperjuangkan aspirasi rakyat.

Karena itu, lanjutnya, hubungan DPRD dan pemerintah daerah diharapkan dapat berjalan secara serasi dan tidak mendominasi satu sama lain.

"Pola seperti ini diharapkan dapat memberi manfaat secara signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujar dia pula.

Selain itu, keberadaan legislatif diharapkan bersinergi dengan eksekutif dalam upaya meneruskan pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, karena sinergisitas tersebut merupakan modal yang kuat untuk mewujudkan perubahan ke arah yang lebih baik, kata Rycko lagi.

Menurutnya, hubungan antara pemerintah daerah dan DPRD merupakan hubungan kerja yang bersifat kemitraan yang bermakna, antara pemerintah daerah dan DPRD adalah mitra kerja dalam membuat kebijakan daerah sesuai dengan fungsi masing-masing yang saling mendukung.

Selain menyampaikan ucapan selamat kepada ketua dan wakil ketua DPRD Lampung Selatan yang dilantik, Bupati juga mengingatkan banyak pekerjaan rumah yang telah menanti untuk segera diselesaikan bersama.

Apalagi, tahun anggaran 2014 akan segera berakhir, dan pembahasan RAPBD 2015 segera dilaksanakan, katanya.

"Kami berharap kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Lampung Selatan untuk dapat membangun komunikasi yang baik, sehingga seluruh program kerja daerah bisa dikawal dengan baik untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Pimpinan DPRD Lampung Selatan yang dilantik yakni Ketua DPRD Hendry Rosadi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Wakil Ketua I Supriyanto Hutagalung dari Partai Demokrat, Wakil Ketua II Fahrurrozi dari Partai Gerindra, dan Wakil Ketua III Roslina dari Partai Amanat Nasional.

Pelantikan itu dihadiri oleh 49 orang anggota dewan dari delapan fraksi serta dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Lampung Selatan.