Kim Jong-Un Dirawat Dokter Asing

id Krisis Korut dan Korsel

Kim Jong-Un Dirawat Dokter Asing

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un (kedua dari kiri) dan istrinya bernama Ri Sol-ju. (KCNA/REUTERS)

Beijing (Antara/Yonhap) - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un yang baru saja tampil di depan umum pertama kalinya setelah absen selama lima minggu terakhir dilaporkan telah menjalani perawatan medis oleh dokter asing karena cedera kaki.
        
Menurut media pemerintah Korut, Selasa, melaporkan pada publik tentang kegiatan pertama Kim beserta foto pemimpin Korut tersebut dengan tongkat jalan yang digunakan setelah lebih dari 40 hari dirinya tak telihat dari ruang publik.
        
"Kim menderita masalah di kakinya dan dokter asing didatangkan ke Korut untuk mengobati dia," kata Kwon Young-Se pada anggota parlemen saat audit parlemen tahunan Kedutaan Besar Korea Selatan (Korsel) di Beijing.
        
"Setahu saya, para pejabat Korut telah mengunjungi sejumlah negara asing untuk berkonsultasi terhadap pengobatan Kim," kata Kwon seperti yang dikutip dari Kantor Berita Yonhap.
        
Kim telah absen dari sorotan publik sejak 3 September 2014. Media Korut pun mengakui bahwa ia mengalami "ketidaknyamanan" pada tubuhnya.
        
Absensi Kim dalam ruang publik juga membuatnya melewatkan acara besar nasional untuk merayakan berdirinya Partai Buruh yang berkuasa di Korea pada Jumat (10/10) bersama dengan pejabat militer dan sejumlah partai tingkat tinggi.