Syukurlah, Kota Bandarlampung Mulai Diguyur Hujan

id Hujan di Bandarlampung

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Kota Bandarlampung dan sekitarnya, Selasa (14/10) siang hingga petang, diguyur hujan deras dan disambut rasa syukur oleh warga setempat, khususnya yang telah mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

"Mudah-mudahan kemarau panjang segera berakhir, agar kami tidak kesulitan mendapatkan air bersih lagi," kata Herwan, warga Sukarame Bandarlampung, Rabu, menanggapi guyuran hujan yang terjadi itu.

Dia membenarkan bahwa sejumlah warga di Sukarame mulai kesulitan mendapatkan air bersih, sehingga harus minta kepada tetangga terdekat yang masih memiliki sumber air bersih, mengingat ketiadaan jaringan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Rilau di kawasan ini.

Beberapa warga yang tinggal di kiri kanan Jl Endro Suratmin, seperti di kompleks permukiman dekat Jalan Lintas Sumatera bypass Soekarno-Hatta, harus mencari air bersih dari rumah warga lainnya dan menggotongnya dalam beberapa ember setiap kali akan mandi dan memerlukan air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Sejumlah warga lainnya di Bandarlampung juga sempat mengeluh kesulitan mendapatkan air bersih akibat kemarau yang terjadi berbulan-bulan trakhir.

Karena itu, mereka bersyukur akhirnya hujan deras turun pada Selasa siang hingga petang hari. Kendati hujan deras itu terjadi secara tidak merata, dan belum semua warga di ibu kota Provinsi Lampung ini merasakannya.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN, sebelumnya telah menganjurkan agar warga setempat secara berkelompok yang mengalami kekeringan dan kesulitan mendapatkan air bersih dapat menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, untuk mendapatkan pasokan air bersih secara cuma-cuma (gratis) melalui mobil tangki bekerjasama dengan PDAM Way Rilau.

Berdasarkan informasi cuaca Pelabuhan Panjang Bandarlampung dari Stasiun Meteorologi Maritim Lampung yang dikemukakan prakirawan Neneng Kusrini, pada 15 Oktober pukul 07.00 WIB sampai dengan 16 Oktober 2014 pukul 07.00 WIB, cuaca di sekitar kawasan tersebut akan berawan pada pukul 07.00 sd. 18.00 WIB dan berkemungkinan berawan dan terjadi hujan ringan pada sore hari (18.00 sd. 07.00 WIB).

Suhu udara berada pada kisaran minimum 19,8--29 derajat Celsius pada malam hari hingga pagi, dan 25,2--33,2 derajat Celsius pada siang hingga sore harinya. Sedangkan kelembaban udara mencapai 62 persen hingga 92 persen.