Italia Bukan Produsen, Tapi Peracik Kopi Terbaik

id kopi

Italia Bukan Produsen, Tapi Peracik Kopi Terbaik

Kopi Sidikalang asal Sumut makin digemari di banyak negara (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Jakarta (Antara Lampung) - Sejarah dan proses pembuatan kopi Italia berusia ratusan tahun dipamerkan di Pacific Place, salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta Selatan.
        
"Italia bukan penghasil biji kopi terbaik di dunia, tapi kami salah satu peracik terbaik," kata Kurator Acara Buongiorno Italia, Luciano Calosso.
        
Dalam acara ini dipamerkan mesin-mesin kopi berusia ratusan tahun dan proses bagaimana kopi diracik di Italia.
        
Kurator Luciano mengatakan dari sejarah racikan inilah kopi espresso tercipta, karena Italia terkenal dalam membuat komposisi takaran kopi.
        
Salah satu mesin yang ada adalah mesin moka express buatan Alfonso Bialetti pada tahun 1933, mesin ini membuat biji kopi menjadi serbuk untuk diserap ekstrak kopi cair.
        
Luciano juga mengatakan mesin kopi dari Italia dibuat oleh arsitek, sehingga penikmat kopi bisa melihat struktur mesin pengolah kopi secara detail.
        
Pada acara ini yang juga dihadiri oleh Duta Besar Italia untuk Indonesia, Federico Failla untuk menyemarakkan pembukaan pameran.
        
Pengunjung bisa menikmati kopi Italia gratis secara langsung di ujung gerai pameran yang diolah langsung dari mesin oleh barista profesional.
        
"Dari acara ini saya bisa tahu sejarah kopi espresso dan bagaimana cara pembuatnya," kata Avin salah satu pengunjung pameran.


Redaktur : Hisar Sitanggang