PNPM: Pers Dorong Pengentasan Kemiskinan

id pnpm mandiri, kemiskinan, pengentasan, di bandarlampung, kmw, provinsi lampung

PNPM: Pers Dorong Pengentasan Kemiskinan

Workshop PNPM Mandiri Perkotaan 2014, (Foto ANTARA Lampung/Agus Setyawan)

Informasi mengenai tujuan-tujuan penyelenggaraan PNPM akan cepat diserap oleh warga apabila telah dipublikasikan melalui media massa."
Bandarlampung,  (ANTARA Lampung) - Ketua Konsultan Manajemen Wilayah (KMW) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Provinsi Lampung, Sujoko, menyebutkan media massa atau pers dapat mendorong pengentasan masyarakat dari kemiskinan dengan melakukan penyebaran informasi kepada masyarakat luas.
        
"Informasi mengenai tujuan-tujuan penyelenggaraan PNPM akan cepat diserap oleh warga apabila telah dipublikasikan melalui media massa," kata dia, di Bandarlampung, Senin.
        
Menurutnya, semua kegiatan yang diakomodasi oleh PNPM merupakan kebutuhan yang mendasar untuk menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah tersebut.
        
Dia mencontohkan pembuatan sumur bor, jalan setapak atau paving block, talud/drainase menjadi salah satu kegiatan yang dilaksanakan atas dasar kesepakatan masyarakat setempat.
        
"Bentuk-bentuk kegiatan sepenuhnya diputuskan oleh masyarakat, kami hanya menjalankan tugas sebagai pendamping maupun mengarahkan agar program ini berjalan sesuai aturan berlaku," kata dia.
        
Jadi, ia menegaskan, masih sering muncul pengaduan terkait kegiatan PNPM memiliki dua persepsi sehingga perlu adanya pembahasan lebih lanjut.
     
Menurut dia, adanya pengaduan terkait penyalahgunaan program ini belum tentu sepenuhnya menyalahi aturan, sehingga perlu ditindaklanjuti kembali.
        
"Pengaduan yang bersifat belum memahami tentu akan diberikan pemahaman agar lebih mengerti terhadap jalannya program PNPM tersebut," ujarnya lagi.
        
Sedangkan, untuk kegiatan yang memang menyalahi aturan seperti kurang panjang atau lainnya, maka pihak PNPM segera meluruskan dengan mengarahkan pengelola program melakukan perbaikan seperti yang sudah ditetapkan sesuai aturan.
        
Karena itu, dia menambahkan, penting untuk melakukan sosialisasi dan kerja sama antara media massa dengan penyelenggara program PNPM sehingga dapat mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.
        
Sementara itu, Kepala Dinas PU Pengairan dan Permukiman Provinsi Lampung Robinsyah diwakili Kepala UPTD BIP2B Darwin Efendi mengatakan, media massa memiliki peranan penting dalam menyampaikan informasi terkait program pembangunan di Provinsi Lampung.
       
 "Saat ini sudah cukup baik, karena adanya perimbangan atas berita yang dipublikasikan oleh media massa," ujarnya pula.
        
Ia berharap dengan adanya kegiatan workshop media PNPM Mandiri Perkotaan 2014 dapat menambah erat jalinan kerja sama yang baik, sehingga dapat mempercepat proses pembangunan di Lampung.