BKKBN Gandeng Babinsa Penyuluhan Program KB

id bkkbn, pola asuh

BKKBN Gandeng Babinsa Penyuluhan Program KB

Logo Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional(BKKBN). (antaranews.com)

Dari dulu kita kenal namanya program KB-Manunggal. Kemitraan tersebut cukup efektif dalam menjalankan program pengendalian pertumbuhan penduduk."
Kendari, (ANTARA LAMPUNG) -  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bermitra dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI untuk penyuluhan program keluarga berencana (KB).
        
Kepala Perwakilan BKKBN Sultra Syahruddin di Kendari, Minggu, mengatakan pihaknya melanjutkan program kemitraan BKKBN dengan TNI dalam menjalankan program KB yang sudah berlangsung sejak jaman orde baru.
        
"Dari dulu kita kenal namanya program KB-Manunggal. Kemitraan tersebut cukup efektif dalam menjalankan program pengendalian pertumbuhan penduduk," kata Syahruddin.
        
Secara terpisah  Kepala Bidang Advokasi Penggerak dan Informasi (Adpin) BKKBN Sultra Jamaluddin penyuluh yang hanya berjumlah  200-an orang sangat minim.
        
Idealnya seorang penyuluh lapangan keluarga berencana mendampingi dua desa namun karena keterbatasan tenaga akhirnya seorang penyuluh melayani sampai 12 desa.
        
"Berbagai keterbatasan mendera BKKBN pascareformasi tetapi terus berupaya memberikan pelayanan kepada keluarga yang memiliki kemauan mengatur jarak kelahiran," katanya.
        
Rekrutmen tenaga penyuluh lapangan sulit dilakukan sesuai kebutuhan ideal karena kewenangan  pembukaan formasi sepenuh menjadi otoritas pemerintah kabupaten/kota.
        
"Kekurangan tenaga penyuluh lapangan sudah digaungkan di berbagai forum tingkat daerah maupun nasional namun tidak disikapi sesuai harapan oleh pemerintah daerah," kata Jamaluddin.
        
Namun diyakini BKKBN akan kembali eksis dengan peran strategis sebagai ujung tombak pemerintah dalam hal peningkatan mutu keluarga.