Menpora Pesimistis Capai Target Sembilan Emas

id asian games, medali,

Sejak awal saya katakan, target sembilan emas itu cukup berat. Mungkin realistisnya enam atau tujuh emas."
Jakarta, (Antara Lampung) - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo menyatakan pesimistis Indonesia bisa mencapai target sembilan medali emas pada ajang Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan, yang kini tengah berlangsung.

"Sejak awal saya katakan, target sembilan emas itu cukup berat. Mungkin realistisnya enam atau tujuh emas," kata Roy dalam jumpa pers yang digelar di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu.

Menurut dia, target realistis tersebut masih mungkin dicapai karena ada sejumlah cabang olahraga unggulan yang belum dipertandingkan seperti bulu tangkis.

Meski prestasi bulu tangkis sejak awal belum begitu memuaskan, Roy yakin Lilyana Natsir dan kawan-kawan mampu memberikan yang terbaik bagi merah-putih.

Lebih lanjut, ahli telematika itu menuturkan pihaknya terpaksa mengoreksi target medali di Asian Games Incheon karena sejak hari pertama Indonesia belum mampu mempersembahkan satu emas.

"Artinya, ini memang berat. Target 10 besar, dengan sembilan emas itu memang supaya Asian Games 2018 saat kita jadi tuan rumah tidak terlalu memalukan. Kita tidak boleh putus asa, saya tetap optimistis duapertiga target bisa tercapai," katanya.

Roy juga mengaku kontingen Indonesia banyak mengalami masalah selama di Incheon. Terlepas dari begitu buruknya persiapan dari panitia penyelenggara, ia juga mengakui adanya masalah koordinasi karena dualisme KONI dan KOI.

"Makanya, kalau terjadi hal yang di luar prestasi yang diharapkan, saya mohon jangan salahkan atletnya. Pengurusnya yang di lapangan-lah yang seharusnya bisa bersatu," ujarnya.

Indonesia hingga Minggu (21/9) petang berada di peringkat ke sembilan dengan perolehan total dua perak dari cabor wushu (Juwita Niza Misani) dan angkat besi (Sri Wahyuni Agustiani).

Pada Asian Games Incheon, Indonesia menargetkan bisa meraih sembilan medali emas atau masuk jajaran 10 besar demi kebanggaan sebelum menjadi tuan rumah Asian Games 2018.