Lalu Lintas Jalinbar Kembali Lancar

id jalinbar, jalan, rusak, longsor

Lalu Lintas Jalinbar Kembali Lancar

Kondisi jalan lintas Barat Sumatera yang mengalami longsor dan putus, Rabu (6/11). ((FOTO: ANTARA LAMPUNG/Dok. Fitri Satria)

alan Lintas Barat (Jalinbar) yang tertutup longsor sudah bisa dilewati sejak Sabtu sore (20/9)."
Mukomuko, (Antara Lampung) - Arus lalu lintas kendaraan di Jalan Lintas Barat (Jalinbar) yang tertimbun material longsor di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Minggu, kembali lancar.

"Jalan Lintas Barat (Jalinbar) yang tertutup longsor sudah bisa dilewati sejak Sabtu sore (20/9)," kata Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Mukomuko, Ruri Irwandi, di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan, pekerjaan pembersihan tumpukan material longsor menggunakan alat di Jalinbar itu sampai hari Sabtu sore.  

Setelah alat berat dinas ini ditarik dari lokasi longsor, lanjutnya, pada Sabtu malam ada alat berat yang melanjutnya pekerjaan pembersihan material tersebut.

"Informasinya alat berat yang bekerja pada Sabtu malam itu dari pihak Balai Wilayah Sumatera VII," ujarnya lagi.

Ia menerangkan, lokasi longsor di Jalinbar itu sebenarnya masuk Kabupaten Bengkulu Utara namun lokasi itu lebih dekatnya dari Kabupaten Mukomuko.

Pihaknya menurunkan alat berat guna mencegah terjadinya antrean panjang kendaraan yang melintas dari Kota Bengkulu maupun dari Sumatera Barat.

"Lokasinya dekat dengan Kecamatan Air Rami sehingga inisiatif dinas untuk membantu membersihkan dengan alat berat," ujarnya.

Sementara pengendara yang melintas di Jalinbar itu memilih menurunkan kecepatan kendaraannya karena di lokasi Jalinbar yang longsor itu licin dan masih menyisakan sedikit tumpukan material longsor yang belum disingkirkan.

"Kalau kendaraan sudah bisa lewat tetapi masih ada sisa tanah yang di badan jalan," ujar warga Kota Bengkulu, Budi Raharjo, yang melintas dari Mukomuko ke Bengkulu.

Ia berharap, pemerintah setempat membersihkan sisa material longsor itu karena saat hujan tanah yang masuk di jalan itu licin.