KP2KP Lampung Timur Optimalkan Target Wajib Pajak

id KP2KP Lampung Timur Optimalkan Target Wajib Pajak

Sukadana, Lampung Timur (ANTARA LAMPUNG) - Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kabupaten Lampung Timur gencar melaksanakan penyuluhan perpajakan untuk mengoptimalkan target wajib pajak, menyusul tumbuh dan berkembang pengusaha kecil dan menengah di daerah ini.

"Kami lebih menargetkan agar pelaksanaan penyuluhan dapat diterima oleh pengusaha, sehingga terjadi simbiosis untuk mendorong pembangunan di wilayah ini," ujar Pelaksana KP2KP Lampung Timur Hummam Nafi, di Sukadana, Kamis (18/9).

Ia menjelaskan, target dalam penyuluhan terdapat tiga kategori capaian sasaran, yakni calon wajib pajak (WP) yang sebelumnya terdaftar sebagai wajib pajak.

Kategori kedua, katanya lagi, yakni memasuki tahapan wajib pajak, dan kategori terakhir merupakan kategori terpenting yakni wajib pajak terdaftar (WPT).

"Jika dihitung secara persentase, target kegiatan penyuluhan sudah mencapai 107 persen dengan jumlah 802 peserta," ujarnya.

Menurutnya, capaian hasil pajak selain dilihat dari besaran yang diserap, juga dapat dilihat dari capaian kegiatan penyuluhan dan antusiasme dari pesertanya.

Nafi mengharapkan adanya kemauan yang kuat dari pelaku bisnis untuk memahami fungsi dari wajib pajak dan nomor pokok wajib pajak (NPWP).

Dia menegaskan, NPWP tidak hanya dibutuhkan pada saat menjadi satu syarat pengajuan ke pihak perbankan oleh pengusaha itu sendiri.

"Pemahaman pentingnya pajak dan fungsi NPWP perlu sekali bagi masyarakat secara umum. Setelah dibuat NPWP, masyarakat agar lebih tahu berapa omzet yang telah diperoleh," katanya pula.

Ia menekankan, wajib pajak erat kaitannya dengan kemajuan pembangunan suatu daerah, karena itu perlu keterlibatan yang kuat dari seluruh elemen masyarakat hingga pelaku bisnis khususnya di Kabupaten Lampung Timur.

Menurut KP2KP Lampung Timur, sejak Januari hingga Agustus 2014 tercatat sebanyak 694 orang memiliki NPWP.