Wasinton Simanjuntak Dikukuhkan Guru Besar FMIPA Unila

id Wasinton Simanjuntak Dikukuhkan Guru Besar FMIPA Unila

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Lampung (FMIPA Unila) menambah lagi satu orang guru besar, yakni Prof Drs Wasinton Simanjuntak, MSc, PhD dalam bidang Kimia Fisik yang resmi dikukuhkan di Gedung Serba Guna (GSG) Kampus Gedongmeneng Bandarlampung, Kamis (18/9).

Pengukuhan guru besar ini dilaksanakan dalam rapat senat luar biasa yang dipimpin Rektor Unila Prof Dr Ir Sugeng P Harianto, MS, serta dihadiri oleh para wakil rektor, pejabat Pemerintah Provinsi Lampung, anggota senat, dekan dan para wakil dekan, dosen, karyawan dan mahasiswa Unila, serta segenap keluarga dan kerabat Prof Wasinton.

Dalam pengukuhannya, Prof Wasinton memaparkan orasi ilmiah berjudul "Teknologi Bersih Berbasis Proses Elektrokimia" yang mengkaji secara detail teknologi bersih itu, sesuai dengan kapasitas keilmuannya.

Atas pengukuhan satu orang lagi guru besar ini, jumlah guru besar FMIPA Unila menjadi 11 orang, dan jumlah keseluruhan guru besar di Unila sebanyak 50 orang guru besar.

Prof Wasinton mengakui, dalam meraih gelar guru besar ini tidaklah mudah.

Dia mengungkapkan, secara umum prosesnya sangat panjang dan lumayan sulit, di antara persyaratannya adalah harus membuat jurnal atau publikasi ilmiah internasional, sudah harus bergelar doktor, angka kredit yang dimiliki harus sudah terkumpul sebanyak 850, kemudian dilihat pula dari pengajaran, pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang pernah dilakukan.

Ia juga menegaskan bahwa peran ilmu Kimia Fisik sangatlah penting dalam kehidupan ini, termasuk dalam hal pengolahan industri.

Karena itu, dia pun menyampaikan pesan sekaligus mengajak semua kalangan untuk mengembangkan teknologi bersih agar alam kita tidak menjadi rusak dan hancur.

Dekan FMIPA Unila Prof Suharso, PhD mengatakan bahwa dengan adanya pengukuhan guru besar hari ini menjadi motivasi bagi dosen lainnya dan bahkan mahasiswa, untuk terus lebih giat meraih pendidikan setinggi-tingginya.

Pimpinan fakultas sangat mendukung bagi dosen lainnya yang ingin meraih gelar guru besar, katanya.

Hal ini membuktikan produktivitas peningkatan guru besar di FMIPA Unila sangat baik dalam beberapa tahun terakhir, dibandingkan fakultas lainnya di Unila, sehingga ke depan akreditasi jurusan di FMIPA Unila dapat meningkat, ujar Prof Suharso.