Garuda Mendarat Kembali Di London

id Garuda

Garuda Mendarat Kembali Di London

Pesawat Garuda B 777-300er (youtube.com)

London (Antara Lampung) - Pesawat Boeing 777-300ER dipiloti Kapten Sumarhudojo dan Kopilot Bayu Perwira pada Senin pukul 12.25 waktu setempat, mendarat mulus di Bandara Gatwich Inggris .
   
Duta Besar RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Hamzah Thayeb, dan Kepala Perwakilan Garuda di Inggris, Jubi Prasetyo, dan Sales Menager Garuda London, Christina Vidos, menyambut para penumpang di lorong pintu keluar pesawat Bandara North Terminal Gatwich, termasuk kelompok musik band Nidji dengan vokalis Giring.
 
Penerbangan yang nyaman dengan pelayanan yang sangat memuaskan serta dilengkapi dengan fasilitas internet, bahkan saya bisa menghubungi keluarga saya di tanah air," ujar vokalis Nidji, Giring kepada Antara London.

Kepala Perwakilan Garuda di Inggris Jubi Prasetyo kepada Antara London, mengakui setelah sekian lama tertunda, akhirnya penerbangan Garuda Jakarta-London via Amsterdam dapat terlaksana. "Suatu kepuasan buat saya pribadi akhirnya Garuda bisa terbang dari Jakarta ke London," ujar Jubi Prasetyo.
 
Diakuinya dengan kembalinya Garuda terbang ke London juga menjawab market di Kerajaan Inggris yang selama ini telah lama menunggu, apalagi Garuda yang bergabung dalam group Skyteam meraih banyak penghargaan diantaranya The World's Best Cabin Crew itu diminati oleh pengusaha Inggris.
 
Dikatakannya Garuda Indonesia menawarkan penerbangan dengan layanan berkualitas dengan konsep Garuda Experience pada tiga pelayanan kelas yaitu First Class, Business Class dan Economy Class. Peluncuran rute penerbangan Garuda Indonesia ini juga sejalan dengan semakin meningkatnya intensitas kerja sama kedua negara termasuk di sektor pariwisata, bisnis dan angkutan barang/kargo.
 
Pesawat Garuda Indonesia untuk jalur penerbangan ini dilengkapi dengan fasilitas "Inflight Connectivity", termasuk jaringan Wi-Fi dalam pesawat dan pelayanan live TV bagi penumpang semua kelas dan koki khusus bagi penumpang Kelas Satu.
 
Acara  penyambutan ¿ ketibaan perdana pesawat Garuda Indonesia di Gatwick Airport dilakukan  sederhana. Dubes Hamzah Thayeb menyampaikan ucapan selamat kepada pilot dan kopilot serta penumpang dilanjutkan resepsi di Sofitel Hotel, dihadiri  pejabat pemerintah Inggris, anggota parlemen, bisnis, dan industri travel serta Kepala Perwakilan Garuda di Amsterdam, Dian Ediono.
 
Dalam acara diawali dengan ditampilkan tarian Pendet dari Bali dan video company profile Garuda yang akan melayani penerbangan sebanyak lima kali dalam seminggu untuk rute Jakarta-London ini  setiap hari Senin, Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu, juga hadir dua  pemain dan legen klub sepakbola Liverpool Robbie Fowler dan Ian Rush, dimana Garuda menjadi salah satu sponsor klub sepakbola ternama di kota The Beatles itu.
 
Dubes Hamzah Thayeb mengungkapkan rasa kegembiraan dengan kembali terbangnya Garuda ke London dan menyampaikan  bahwa penerbangan langsung Garuda ini merupakan elemen penting dalam upaya memperkuat hubungan dan kerja sama antara kedua negara di berbagai bidang.
   
Keberadaan penerbangan Garuda ini juga memberikan pilihan baru bagi para penumpang dari Inggris yang ingin melakukan perjalanan ke Asia Tenggara baik untuk tujuan bisnis maupun wisata.
 
Sementara itu mewakili Inggris, Richard Graham MP (Utusan Dagang PM Inggris untuk Indonesia) menyampaikan bahwa Inggris mendukung  upaya ini dengan akan menggunakan Garuda dan berharap Garuda dapat terbang secara penuh tiap hari dalam seminggu. "Garuda akan menjadi  penerbangan  kelas dunia," ujar Richard.  

Commercial Officer, Gatwick Airport, Guy Stephenson menyambut baik penerbangan ini mengingat penerbangan Garuda Indonesia telah dirintis bersama antara Otoritas Gatwick Airport dan kantor Garuda Indonesia sejak tahun 2010 akhirnya dapat terealisasi.  

Eksekutif Diretur UK-ASEAN Business Council Rosa Hunter, dengan senang menyambut kehadiran Garuda, karena banyak pengusaha dari Inggris yang menjalin usaha dengan mitranya di Indonesia. Diharapkannya Garuda bisa  terbang langsung dari London  ke Jakarta.
 
Sementara itu Daniel Marsh, salah satu penumpang Garuda yang akan berlibur ke Bali kepada Antara London, setelah check in di counter Garuda di North Terminal Gatwich yang dihias dengan balon serta dua crew Garuda menyambut para penumpang, mengatakan bahwa ia sangat senang bisa ikut dalam penerbangan perdana Garuda.
 
"Saya senang karena selain penerbangan perdana yang pasti pesawat baru juga waktu penerbangan pada siang hari," ujar pria penggemar sepakbola tim Liverpool apalagi saya denger pemain dan legen klub Liverpool Robbie Fowler dan Ian Rush ikut menyambut.
 
Menurut Daniel, penerbangan di siang hari sangat cocok dengannya , apalagi harga tiket sekali jalan dari London ke Bali hanya 399 Poundsterling yang dianggapnya cukup murah

Pimpinan Garuda Indonesia Holiday France SAS, Harold Tobing, merupakan salah seorang yang sangat bangga dengan kehadiran Garuda di London karena sejak empat tahun lalu ia ikut menjajaki kerjasama Garuda dengan pihak bandara Gatwich. "Saya ikut merasa bangga akhirnya Garuda terbang kembali ke London," ujar Harold Robing.