Lampung Selatan Panen Raya Jagung

id Lampung Selatan Panen Raya Jagung

Lampung Selatan Panen Raya Jagung

Panen jagung (ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Kalianda (Antara Lampung) - Badan Amil Zakat Nasional Daerah (Baznasda) Kabupaten Lampung Selatan melalui Program Petani Sadar Zakat (PPSZ) melakukan panen raya jagung di Desa Gandri, Penengahan.
        
Ketua Baznasda Lampung Selatan Sutono di Penengahan, Selasa, mengatakan upaya itu salah satu cara turut mendukung dan membangun program zakat petani agar  ikut bersama-sama membayar zakat.
        
"Panen raya itu merupakan program nyata Baznasda, dalam mendukung program  'Lampung Selatan Peduli' dan selama ini berjalan dengan baik," katanya.
        
Ketua Perhiptani Lampung Selatan itu, juga mengajak para petani untuk berperan aktif dalam membayar zakat profesi pertanian, apabila sudah mencapai pendapatan.
        
"Saya ingin para petani sadar akan zakat profesinya kalau memang sudah mencapai 'nishapnya' sebesar 2,5 persen," ujarnya.
        
Sutono menjelaskan zakat profesi dari pertanian memiliki potensi yang besar mengingat sebagian wilayah Lampung Selatan didominasi lahan pertanian.
        
"Intinya, dari petani Kecamatan Penengahan, akan balik lagi ke petani di desa tersebut, sebagai solusi untuk membantu bibit dan pupuknya," katanya.
        
Untuk wilayah itu, pihaknya telah memberikan bantuan sebesar Rp70 juta untuk 20 petani sadar zakat setempat yang merupakan petani binaan Lembaga Pendidikan (LPH) Al-Hanif.