Iran Dukung Suriah Memerangi Kelompok Teroris

id Iran Dukung Suriah Memerangi Kelompok Teroris

Teheran (Antara/SANA-0ANA) - Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan dukungan negaranya kepada  rakyat Suriah dalam menghadapi kelompok teroris takfiri dan mengatasi krisis.
        
Berpidato di tengah massa di  Provinsi Adrabil, barat laut Iran, Rouhani meninjau aksi-aksi terorisme yang dilakukan oleh kelompok-kelompok takfiri dan entitas Zionis di wilayah tersebut, yang menyebabkan mayoritas rakyat Suriah mengungsi.
        
Belum lagi kejahatan besar yang dilakukan terhadap rakyat Palestina dan pembantaian rakyat Irak atas nama Islam, kata Rouhani.
        
Presiden Iran menekankan perlunya persatuan dan solidaritas untuk menghadapi ancaman dan tantangan yang akan datang.
        
Rouhani sebelumnya juga menyatakan, Iran berkepentingan pada stabilitas dan keamanan di Irak serta bertekad untuk lebih membantu perkembangannya, kata kantor berita Mehr, mengutip pernyataan Presiden Hassan Rouhani.
        
"Pemerintah dan rakyat Iran terus mendukung Irak demi mempertahankan persatuan dan keamanan semua kelompok etnis serta agama, yang mengambil bagian dalam mengatur negara, kata Rouhani seperti dikutip.
        
Dalam satu pernyataan yang ditujukan kepada Presiden Irak Fouad Massoum yang baru terpilih, Rouhani mengucapkan selamat kepada rekannya itu pada pelantikan dan mengatakan, bahwa Iran akan melanjutkan "dukungan stabilitas, keamanan dan kesejahteraan terhadap rakyat Irak."
   
Rouhani juga menyatakan harapan bahwa Irak akan mengejar "pengembangan kerja sama antara Teheran dan Baghdad baik dalam isu-isu bilateral maupun multilateral."
   
Satu kelompok jihad bersenjata, Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS/IS), yang sebelumnya berjuang di Suriah, sejak Juni melancarkan serangan di Irak, mengambil alih sebagian besar wilayah negara itu, dengan tujuan merebut Baghdad.
        
Bulan lalu, gerilyawan  ISIS mengumumkan pembentukan kekhalifahan di perbatasan Irak-Suriah.

        
Penerjemah : A Krisna