34 Provinsi Meriahkan Pawai Seni Budaya

id pawai, seni budaya kreatif

34 Provinsi Meriahkan Pawai Seni Budaya

Peserta karnaval mengikuti Pawai Seni dan Budaya Kreatif 2014 di kawasan Monas, Jakarta, Senin (18/8). ( (Foto ANTARA/Yudhi Mahatma))

Sejak empat hari yang lalu sudah sampai di Jakarta, setelah acara ini nanti kami langsung pulang."
Jakarta, (ANTARA LAMPUNG) - Perwakilan 34 provinsi memeriahkan Pawai Seni dan Budaya Nusantara 2014 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memperingati Hari Kemerdekaan ke-69 Indonesia.
        
Salah seorang peserta dari Bali, Gemuh di Jakarta, Senin, mengatakan 80  peserta dari Bali telah tiba di Jakarta serta mempersiapkan pawai sejak empat hari lalu.
        
"Sejak empat hari yang lalu sudah sampai di Jakarta, setelah acara ini nanti kami langsung pulang," ujar Gemuh.
        
Pawai Seni dan Budaya Nusantara 2014 mengambil rute awal dari Monumen Nasional (Monas) yang berangkat mulai dari pukul 14.00 WIB dan akan berjalan menuju Istana Merdeka.
        
Setiap provinsi yang berpartisipasi dalam acara ini memamerkan keunikan budaya melalui pakaian yang mereka kenakan serta mobil hias yang dipersiapkan sejak Senin pagi. Tak hanya itu, beberapa daerah, seperti Ponorogo, Jawa Timur, juga akan menampilkan tarian khas daerah tersebut, Reog Ponorogo.
        
Peserta mengawali rute pawai di Monas menuju Istana Merdeka,mengarah ke Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kemudian mengarah ke Jalan Merdeka Selatan, dan berakhir di Silang Monas.
        
Antara mengamati disekitar tenda panitia dan peserta telah diberi pagar besi dan banyak petugas keamanan yang turut serta membantu jalannya acara ini. Warga yang antusias untuk menyaksikan acara ini rela menunggu di sepanjang trotoar meski cuaca panas.
        
Acara ini pun menambah ramainya pengunjung Monas tidak hanya untuk melihat pawai, tetapi juga banyak yang masuk ke museum dan puncak Monas.