Rycko: Lamsel Butuh Sekolah Kejuruan

id Rycko, Rycko Menoza SZP, Lamsel, Lampung selatan, Pariwisata, Turis, Butuh Sekolah Kejuruan, Pendidikan, Diknas, Pelajar, Kota Pelajar

Rycko: Lamsel Butuh Sekolah Kejuruan

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza saat memberikan bantuan kepada warganya yang terkena musibah banjir. (ANTARA LAMPUNG FOTO/Dok/Kristian Ali).

Lampung Selatan memiliki objek wisata yang cukup banyak, sehingga sangat mendukung sekali jika didirikan sekolah pariwisata."
Kalianda, Lampung Selatan (Antara Lampung) - Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP mengatakan daerahnya memerlukan dukungan sekolah-sekolah kejuruan, mengingat besar potensi di daerah ini yang dapat dikembangkan.

"Lampung Selatan memiliki objek wisata yang cukup banyak, sehingga sangat mendukung sekali jika didirikan sekolah pariwisata," kata Bupati, saat menghadiri acara halalbihalal dengan jajaran Dinas Pendidikan setempat di aula rumah dinas bupati, di Kalianda, Selasa.

Rycko menjelaskan, tidak hanya sekolah pariwisata yang diperlukan daerah ini, juga sekolah pertanian, peternakan sangat potensial didirikan mengingat daerah itu merupakan wilayah agraris.

"Apalagi terdapat terminal agrobisnis yang perlu dikembangkan sebagai sentra jual beli hasil pertanian di sini," ujarnya.

Selain itu, Lampung Selatan merupakan daerah maritim, sehingga perlu dukungan sekolah-sekolah dengan spesifikasi jurusan maritim.

Menurutnya, saat ini peluang investasi di bidang pendidikan di Lampung Selatan sangat terbuka bagi pihak swasta yang ingin mendirikannya di daerah ini.

"Pemerintah juga akan mendukung penuh setiap pendirian sekolah tersebut," ujarnya lagi.

Ia menjelaskan, saat ini sekolah-sekolah setara seperti sekolah menengah kejuruan sangat diminati di daerahnya, karena terbuka peluang kerja yang membutuhkan lulusan siap bekerja.

Sedangkan program pemerintah saat ini ingin memeratakan pendidikan dengan mendirikan sekolah lanjutan di seluruh kecamatan, mengingat hingga saat ini belum semua kecamatan memilikinya.

"Kami saat ini masih mengupayakan kuantitas sekolah-sekolah itu secara merata, kemudian akan difokuskan pada kualitas sekolah ini," kata dia pula.

Pihaknya juga akan mengusulkan bantuan untuk penambahan sekolah agar meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah itu.