Harga Kulit Ketupat Rp8.000

id ketupat, lebaran, janur kuning, tradisi tahunan

Harga Kulit Ketupat Rp8.000

Ketupat

Keuntungan berjualan kulit ketupat sangatlah menggiurkan, jika kita bawa tiga ikat daun janur bisa memperoleh keuntungan Rp400 ribu."
Bandarlampung, (ANTARA LAMPUNG) - Harga kulit ketupat di Kota Bandarlampung Rp8.000 per 10 buah, pada satu hari menjelang hari raya Idul Fitri 1435 H.
        
Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional, di Kota Bandarlampung, Minggu, pedagang kulit ketupat sudah membanjiri pasar sejak malam hari.
        
Para pedagang kulit ketupat ini, datang dari berbagai daerah khususnya kecamatan yang banyak terdapat daun janur.
        
Dalam satu hari pedagang ini membawa, tiga ikat lebih daun janur dan selalu berdagang pada hari raya agama islam saja. Kebanyakan dari mereka merupakan pedagang musiman saja, sebab profesinya kuli bangunan dan buruh cuci.
        
Setiap 10 ketupat dijual oleh mereka berfariasi, dari harga Rp8.000 hingga Rp10.000 tergantung ukuran. Keuntungan yang mereka dapat pun bisa mencapai Rp500 ribu jika terjual habis, itu pun tergantung dari daun janur yang dibawa.
        
Salah satu pedagang kulit ketupat, Rikman (45) warga Kelurahan Sumber Agung, Lampung Selatan yang berdagang di Bandarlampung mengatakan bahwa dirinya sehari-hari berprofesi sebagai kuli bangunan dan berjualan kulit ketupat untuk mencari rezeki menjelang lebaran.
        
"Keuntungan berjualan kulit ketupat sangatlah menggiurkan, jika kita bawa tiga ikat daun janur bisa memperoleh keuntungan Rp400 ribu," kata dia.
        
Meskipun pedagang kulit ketupat sudah ramai baginya tidak masalah, sebab konsumen sudah bisa memilih mana yang bagus.
        
Hal senada pun disampaikan, Rukiah (34) yang sehari-harinya sebagai buruh cuci mengatakan bahwa kulit ketupat yang rapat dan besar paling dicari oleh konsumen.
        
"Rapat dan ukuran yang besar itu paling dicari konsumen," katanya.
        
Namun, ada juga yang memesan dengan ukuran kecil.