Rosberg Start Terdepan di GP Hungaria

id gran prix, hungaria, star terdepan, rosberg

Budapest,  (Antara/AFP) - Pemuncak klasemen kejuaraan dunia Nico Rosberg kembali mengambil keuntungan dari nasib buruk rekan setimnya di Mercedes Lewis Hamilton pada Sabtu, dengan menduduki posisi start terdepan untuk Grand Prix Hungaria.
        
Pebalap Jerman berusia 29 tahun itu, yang unggul 14 angka atas Hamilton pada duel mereka untuk gelar juara kategori pebalap, mendapat keuntungan setelah mobil pebalap Inggris Raya itu mengeluarkan asap pada menit-menit pertama sesi kualifikasi yang dramatis.
        
Rosberg mencatatkan waktu tercepat yakni satu menit 22,715 detik untuk menorehkan posisi start terdepan keenamnya tahun ini dan yang kesepuluh sepanjang kariernya dalam kualifikasi selama satu jam, yang diawali oleh panas menyengat, diikuti oleh awan-awan gelap dan hujan pada menit-menit terakhir.
        
Membaca perubahan cuaca, Rosberg menjadi pebalap pertama yang keluar pada Q3 dan melaju melebar di Tikungan pertama tidak lama sebelum pebalap pemula asal Denmark Kevin Magnussen tergelincir dan menubruk pagar pengaman di tempat yang sama.
        
Hal itu membuat bendera-bendera merah dikibarkan dan sesi itu terhenti selama lima menit, untuk kemudian diteruskan dalam kondisi basah, namun trek segera mengering ketika sinar matahari yang panas kembali muncul - skenario yang membuat sejumlah pebalap menjadi kandidat kuat untuk merebut posisi start terdepan.
        
Vettel mencatatkan waktu putaran terbaik yakni 1:23,201 untuk membuatnya berada di puncak dalam detik-detik terakhir, namun Rosberg meresponnya dengan mengunggulinya sebanyak 0,486 detik untuk mengamankan posisi start terdepan.
        
Pebalap Finlandia Valtteri Bottas berada di posisi start ketiga untuk Williams, mengungguli pebalap Australia Daniel Ricciardo pada Red Bull kedua, juara dua kali asal Spanyol Fernando Alonso yang membela Ferrari dan pebalap Brazil Felipe Massa, berada di posisi start keenam untuk Williams.
        
Pebalap Inggris Raya Jenson Button, pemenang Grand Prix Hungaria dua kali, dalam kondisi-kondisi basah, berada di posisi start keenam untuk McLaren mengungguli pebalap Prancis Jean-Eric Vergne dari Toro Rosso, pebalap Jerman Nico Hulkenberg dari Force India dan Magnussen.

Penerjemah: A.R.A Adipati/J. Suswanto.