Mudik Gratis Bersama Baznas

id Mudik Gratis Bersama Baznas, bus, dhuafa, pemudik, mudik, angkutan, sidomuncul

Sebanyak 24 unit bus memberangkatkan para mustahik dan dhuafa ke 24 kota tujuan mulai dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur."
Jakarta (Antara Lampung) - Sebanyak 1.001 jiwa mustahik dan dhuafa mengikuti mudik gratis ke wilayah Jawa dan Sumatera yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Mereka diberangkatkan secara simbolis oleh Direktur Pelaksana Harian Baznas Teten Kustiawan dari parkir timur Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa.

Sebanyak 24 unit bus memberangkatkan para mustahik dan dhuafa ke 24 kota tujuan mulai dari Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Sebelumnya Baznas menargetkan sebanyak 1.500 mustahik dan dhuafa ikut serta dalam mudik gratis tersebut, namun hingga hari pemberangkatan hanya mencapai 1.001 orang.

"Kita lakukan registrasi ulang ternyata ada yang tidak memenuhi syarat, dan ada juga yang memiliki keperluan lain jadi tidak bisa mudik bersama," ucap Teten.

Selain menerima fasilitas bus dengan pendingin udara kelas eksekutif, peserta mudik juga menerima bekal perjalanan, santunan dan bingkisan Hari Raya.

Setiap peserta juga mendapatkan asuransi jiwa dari Takaful Syariah sebesar Rp10 juta.

Maryati, salah seorang peserta mengaku senang bisa ikut mudik gratis ke kampung halamannya di Ngawi, Provinsi Jawa Timur.

"Suami saya hanya kerja bangunan, kalau untuk mudik dengan biaya sendiri rasanya tidak mampu karena ongkosnya bisa Rp500 ribu satu orang," ujar Maryati.

Maryati mengaku sebenarnya lebaran kali ini ia bersama keluarga tidak berniat mudik, tapi karena mendapatkan informasi ada mudik gratis dari Baznas maka ia langsung mendaftarkan diri untuk menjadi peserta.