Isbedy Stiawan Menangi Sayembara Buku Puisi 2014

id Isbedy Stiawan Menangi Sayembara Buku Puisi 2014

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Penyair Lampung Isbedy Stiawan ZS yang pernah dijuluki "Paus Sastra Lampung" oleh HB Jassin (alm), kembali menorehkan prestasi membanggakan.

Kumpulan puisi "Menuju Korta Lama" karya Isbedy Stiawan ZS (Penerbit Siger Publisher, April 2014) memenangi Sayembara Buku Puisi Indonesia 2014 yang diadakan Harian Indopos.

Isbedy Stiawan ZS, di Bandarlampung, Minggu (20/7), menjelaskan sayembara buku puisi untuk memperingati Hari Puisi Indonesia 2014 itu diikuti 120 judul buku puisi yang dikirim para penyair Indonesia dari Tanah Air dan luar negeri.

"Alhamdulillah atas prestasi membanggakan ini," kata Isbedy yang menerima penghargaan karyanya sebagai buku puisi pilihan itu di Jakarta pada 17 Juli lalu.

Buku puisi Isbedy Stiawan ZS dinyatakan sebagai buku puisi pilihan bersama empat penyair lain selaku Dewan Juri, di antaranya Abdul Hadi WM, Sutardji Calzoum Bachri, dan Maman S Mahayana.

Selain itu, dewan juri juga menetapkan buku puisi terbaik "Belum Dalam Lukamu!" karya Anton Sulistyo.

Menurut Isbedy, prestasi yang diterimanya bukan hanya dirasakan oleh dirinya saja, tetapi dunia sastra di Lampung.

"Saya bersyukur bahwa sastra di Lampung bisa bicara di tingkat nasional," ujarnya.

Ke depan, ia berharap para penyair Lampung lain juga bisa berjaya di ajang ini. "Selain tentu saja dunia penerbitan di Lampung dapat bersumbangsih bagi buku-buku puisi terbaru," katanya lagi.

Ia menilai dunia kepenyairan dan puisi di daerah ini sangat semarak. Karena itu, kata dia, peran pemerinrah sangat diharapkan untuk menumbuhkembangkan dunia sastra agar lebih maju.

Buku puisi "Menuju Kota Lama" sebagai buku puisi pilihan dan berhak mendapatkan hadiah Rp10 juta ini, dikatakan Isbedy, akan disosialisasikan untuk didiskusikan di kalangan pecinta sastra, generasi muda, dan pelajar SMA sederajat.

"Saya masih menunggu kerja sama dari lembaga yang peduli pada sastra untuk menggelar diskusi itu," ujar Isbedy pula.