Andersen Martono Kibarkan Merah Putih di Inje

id pebalap. anerssen martono, f1, cina, formula, master

Jakarta, (ANTARA LAMPUNG) - Tampil penuh percaya diri, pebalap muda Indonesia Andersen Martono berhasil mengibarkan bendera Merah Putih untuk pertama kalinya di Injee International Speedium, Korea Selatan, Minggu, setelah meraih podium kedua pada lomba (race) ketiga Kejuaraan Formula Masters China Series putaran ketiga.
         
Pebalap berusia 17 tahun dari tim Meritus GP itu berhasil menaklukkan sirkuit berjarak 3.908 Km dengan 19 tikungan tersebut dengan torehan waktu 20:59:535. Andersen juga sempat mencatatkan waktu tercepatnya di balap ini, yakni 1:34.008.
         
Buat Andersen, ini merupakan podium pertamanya di ajang Formula Masters China Series 2014, setelah di putaran pertama di Zhuhai dan putaran kedua di Shanghai, Mei lalu, hanya finish di posisi kedelapan.  
    
Kejuaraan Formula Masters China ini merupakan anak tangga menuju kejuaraan Formula 3 Eropa yang kini sedang digeluti Sean Gelael, sebelum naik ke jenjang GP 2 yang mengarah ke lomba Formula Satu (F1)
    
Tentu saja saya senang dengan hasil ini dan akan membuat saya semakin bersemangat berlatih untuk mendapatkan hasil lebih baik lagi di putaran berikut. Paling tidak, seperti yang saya raih hari ini,¿ tutur Andersen dalam pesan singkat kepada media, Minggu. Pada race pertama ia finish kesembilan dan race kedua finish kelima.
         
Sebelum berangkat ke Injee, Andersen menyatakan kesiapannya. Bahkan, lebih siap dari dua putaran sebelumnya. Persiapan di Injee positif, karena saya merasa lebih percaya diri menghadapi lomba di Korea ini,¿ tuturnya saat sebelum berangkat awal pekan kemarin.
         
Tak hanya itu, Andersen juga mengaku mentalnya jauh lebih siap untuk menghadapi situasi apa saja yang terjadi dalam balapan di Injee.
         
Podium pertama balap ini diraih pebalap asal Hongkong, Matthew Solomon, dengan catatan waktu 20:54:902 sedangkan posisi ketiga ditempati Darma Mangkuluhur, dengan catatan waktu 21:06:500.
         
Pada lomba hari pertama yang berlangsung sehari sebelumnya, Sabtu (19/7), Andersen Martono berhasil melesat ke posisi enam besar.
       
Lomba Formula Masters China Series 2014 ini berlangsung dalam enam putaran, diikuti 19 pebalap dari China, India, Selandia Baru, Afrika Selatan, Rusia, Inggris dan Indonesia, yang diwakili Andersen Martono dan Darma Mangkuluhur.