Amandemen CMIM Berlaku 17 Juli 2014

id Amandemen CMIM Berlaku 17 Juli 2014, Bank, Asena, ASEAN, ASEAN+3, China Uang, Dollar, Dagang

Amandemen CMIM Berlaku 17 Juli 2014

Kantor Bank Indonesia (BI). (Dokumentasi BI).

Berdasarkan keterangan di laman BI, Jumat, elemen utama dalam amandemen perjanjian CMIM yakni peningkatan nilai komitmen kerjasama menjadi sebesar 240 miliar dolar AS, dari 120 miliar dolar AS."
Jakarta (Antara) - Amandemen Perjanjian Chiang Mai Initiative Multilateralisation (CMIM) yang merupakan kerjasama keuangan antarMenteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara ASEAN dengan China, Jepang, dan Korea (ASEAN+3), serta Hong Kong Monetary Authority (HKMA), berlaku 17 Juli 2014.
    
Berdasarkan keterangan di laman BI, Jumat, elemen utama dalam amandemen perjanjian CMIM yakni peningkatan nilai komitmen kerjasama menjadi sebesar 240 miliar dolar AS, dari 120 miliar dolar AS.

Elemen lainnya yakni tersedianya fasilitas CMIM Precautionary Line (Pencegahan Krisis) serta peningkatan IMF de-linked portion dari 20 persen menjadi 30 persen.

Amandemen tersebut akan memperkuat jaring pengaman keuangan regional bagi anggota CMIM dalam menghadapi masalah neraca pembayaran potensial maupun aktual dan kesulitan likuiditas jangka pendek.