Dino Patti Djalal Jadi Wakil Menteri Luar Negeri

id Dino Patti Djalal Jadi Wakil Menteri Luar Negeri

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Mantan Duta Besar RI untuk AS dan salah satu peserta Konvensi Partai Demokrat dilantik sebagai Wakil Menteri Luar Negeri menggantikan Wardana yang mendapat penugasan baru sebagai Dubes RI untuk Turki.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengambil sumpah Dino Patti Djalal sebagai Wakil Menlu Kabinet Indonesia Bersatu II dalam acara pelantikan yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/7).

Dengan diangkat sebagai Wakil Menlu, maka Dino diperkirakan hanya akan mengemban masa waktu selama tiga bulan karena periode Kabinet Indonesia Bersatu II bakal berakhir pada Oktober 2014.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah sumber, Dino Patti Djalal adalah mantan Duta Besar RI untuk AS yang lahir di Beograd, Yugoslavia, tanggal 10 September 1965.

Anak dari pakar hukum laut internasional Hasyim Djalal itu merintis karier sebagai diplomat sejak memasuki Kementerian Luar Negeri pada tahun 1987.

Selain itu, Dino juga sempat mengemban tugas sebagai Direktur Urusan Amerika Utara dan Amerika Tengah Kemenlu, serta menjadi juru bicara Presiden bersama-sama dengan Andi Mallarangeng.

Ia juga sempat berkecimpung di dunia perpolitikan praktis dengan menjadi salah satu bakal calon presiden dalam Konvensi Partai Demokrat beberapa waktu lalu.

Sebelum menjadi peserta konvensi Demokrat, Dino yang meraih gelar doktor bidang hubungan internasional di London School of Economics and Political Science itu telah terlebih dahulu mengundurkan diri dari posisinya sebagai Dubes RI untuk AS.