Awal Puasa, Lembah Hijau Dipadati Pengunjung

id lembah hijau, lampung, taman, wisata, pentas, satwa

Bandarlampung (Antara Lampung) - Awal puasa yang jatuh bertepatan dengan akhir pekan dimanfaatkan sebagian besar warga Lampung untuk berlibur ke berbagai tempat. Taman wisata Lembah Hijau menjadi salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi warga.

Komisaris Utama Taman Wisata Lembah Hijau Irwan Nasution mengatakan, lonjakkan pengunjung terjadi sejak seminggu terakhir sebelum memasuki bulan Ramadhan.

“Bila rata-rata hari biasa ada sekitar 300 pengunjung dalam sehari atau 500-700 pengunjung di akhir pekan, saat liburan sekolah jumlahnya bisa meningkat menjadi 1.000 pengunjung per hari. Kunjungan paling tinggi terjadi Jumat (27/6) lalu, pengunjungnya menyentuh angka 2.000 orang dalam sehari,” kata dia.

Irwan mengatakan, wahana yang paling banyak menyedot pengunjung adalah waterboom dan pentas satwa. Untuk menikmati kedua wahana tersebut para pengunjung bahkan harus antre membeli tiket masuk. Pengunjung ditarik biaya masing-masing Rp 25.000 bila ingin menikmati fasilitas tersebut.

Pentas satwa yang disuguhkan Lembah Hijau merupakan pentas satwa pertama yang ada di Pulau Sumatera. Dalam pentas satwa tersebut pengunjung disuguhkan penampilan satwa-satwa pintar seperti linsang, burung kakak tua, orang utan, dan beruang.

Irwan mengatakan konsep pentas satwa tersebut dirancang dengan merujuk berbagai tempat wisata nasional dan internasional seperti di Singapore. Menurutnya, pentas satwa tersebut diusung dengan misi untuk menyampaikan pesan konservasi dan edukasi.

Dalam pertunjukkan itu, tutur Irwan, sejumlah satwa akan memperlihatkan kemampuan misalnya, burung kakak tua dan burung makau yang menunjukkan trik bermain dadu, naik sepeda, menari hingga mengantar surat. Ada pula linsang yang akan memberikan hiburan seperti bermain bola, mendorong sepeda, membuang sampah pada tempatnya, menaikkan bendera, menari, hingga bermain basket.

Wida Herlin yang kemarin datang ke Taman Wisata Lembah Hijau bersama suami dan kedua anaknya menuturkan, suasana alam, edukasi satwa dan sarana bermain anak yang ditawarkan pengelola menjadi alasan dirinya kesana. “Kami lebih ingin mencari suasana alam yang sejuk dan segar sebelum memasuki bulan puasa. Lokasi lembah hijau yang tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung juga memudahkan warga untuk menuju ke sana,” ujar dia.

Sementara Andri Kurniawan warga Pesawaran yang kemarin mengajak anak dan beberapa keponakannya mengatakan, keluarganya memanfaatkan liburan akhir pekan kali ini yang bertepatan dengan libur sekolah dan awal puasa. “Kapan lagi bisa kumpul bersama keluarga besar, sehingga perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk rekreasi,” kata karyawan swasta itu.

Berdasarkan pantauan, ribuan pengunjung terlihat memadati sejumlah tempat wisata di Lampung misalnya Taman Wisata Lembah Hijau, Bandarlampung. Wisata alam menjadi pilihan warga Lampung untuk menghabiskan waktu liburan awal puasa bersama keluarga.

Taman wisata terbesar di Lampung itu dipenuhi mobil pribadi dan bus carteran yang datang dari berbagai daerah di Lampung, mulai dari Kotabumi, Lampung Utara, Lampung Timur, Pesawaran, dan sebagainya.