"Belangiran" Sambut Ramadan di Lampung

id Belangiran Sambut Ramadan di Lampung

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Provinsi Lampung menggelar tradisi atau ritual menyambut Ramadan 1435 Hijriah berupa menyucikan diri dengan mandi di sungai yang disebut "Belangiran".

"Saya mengharapkan ritual- ritual dan tradisi Belangiran tidak dimaknai macam-macam. Hanya sebuah bentuk ucapan syukur menyambut datangnya bulan Ramadhan, sekaligus dalam rangka melestarikan budaya Lampung agar tidak punah dimakan zaman," kata Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri, pada acara tradisi Belangiran di kali Akar, Bandarlampung, Kamis (26/6).

Ia mengatakan bahwa, Belangiran merupakan agenda tahunan yang diangkat oleh Pemerintah Provinsi Lampung, sebagai salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya masyarakat daerah setempat.

Pada 1435 Hijriah atau tahun 2014, lanjutnya, merupakan kegiatan yang keempat kalinya.

Menurutnya, banyak cara yang dilakukan umat Islam dalam menyambut bulan puasa, berbagai ritual dan tradisi Ramadhan unik dilakukan. Diantaranya ziarah makam keluarga dan kerabat, tradisi memukul bedug, "padusan - masyarakat jawa", "mandi balimau � masyarakat Minang" . Bagi masyarakat Lampung juga mengenal tradisi ini, dengan sebutan "Belangiran".

Ia menjelaskan, kendati kegiatan Belangiran bukanlah syariat Islam, namun tak ada salahnya untuk melestarikan budaya daerah dalam menyongsong bulan suci ramadhan, yang tidak lain maksudnya adalah sebagai simbol untuk mensucikan hati, sebagai bekal memasuki bulan puasa sehingga dapat menjalankan ibadah dengan lancar dan khusyuk tiada aral dan rintangan.

Mensucikan diri menyambut bulan suci Ramadhan katanya, tidak hanya membersihkan badaniah saja, tapi lebih berorientasi kepada mensucikan diri dan hati seperti rasa iri, dengki, benci dan sombong, rasa dendam pada seseorang.

Selain itu, mensucikan harta yang dimiliki dengan mengeluarkan zakat fitrah dan sedekah, serta melengkapinya dengan melakukan permohonan maaf pada kedua orang tua, saudara kandung, kerabat-kerabat, karena kita tak pernah luput dari kesalahan.

Karena itu, ia mengajak umat muslim untuk menyambut bulan suci ini dengan hati yang bersih dan ikhlas, sehingga dapat beribadah dengan khusyuk dan lancar.