FGII: UN SMA Selesai Tapi Dana Belum Cair

id FGII: UN SMA Selesai Tapi Dana Belum Cair

Waykanan (ANTARA LAMPUNG) - Dewan Pimpinan Pusat Forum Guru Independen Indonesia mempertanyakan pemerintah yang belum mencairkan pendanaan untuk pelaksanaan Ujian Nasional 2014, padahal UN tingkat sekolah menengah atas sederajat yang berakhir hari ini.

"Biaya untuk operasional pelaksanaan UN belum cair, sehingga pihak sekolah harus menalangi biaya untuk membayar honorarium, konsumsi dan transportasi pengawas silang," ujar Ketua Umum DPP FGII, Gino Vanollie, di Blambanganumpu, Rabu (16/4).

Selain itu, menurut Gino yang juga Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Waykanan di Provinsi Lampung itu menambahkan, biaya rayon di kabupaten/kota juga belum cair, sehingga panitia rayon harus menalangi dulu dari uang pribadi bahkan harus berutang ke sana sini untuk membiayai pelaksanaan UN tahun ini.

"FGII sangat menyesalkan hal seperti ini sampai terjadi, dan mendesak Inspektorat Jenderal Kemendikbud untuk menelusuri penyebab kemacetan distribusi biaya UN 2014," ujarnya.

Info terakhir, baru hari ini dana yang diperlukan itu ditransfer dan Kamis (17/4) besok baru akan didistribusikan ke sekolah penyelenggara padahal UN SMA sederajat sudah berlangsung sejak Senin 14/4) lalu, katanya pula.