Angka Golput Di Perdesaan Lamsel Tinggi

id Angka Golput Di Perdesaan Lamsel Tinggi, Pemilu, Pilgub, Rycko Menoza, SZP, TPS, Suara, Cagub, Cawagub

Angka Golput Di Perdesaan Lamsel Tinggi

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP (kiri) melakukan pencoblosan di TPS 1 Desa Hajimena Kecamatan Natar, Lampung Selatan, Rabu (9/4). (ANTARA FOTO/Kristian Ali).

Angka Golput Di Perdesaan Lamsel Tinggi."
Kalianda, 9/4 (Antara) - Angka warga yang tidak menggunakan hak suaranya atau golput di perdesaan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung cukup tinggi karena masih banyak yang tidak memilih pada Pemilu 2014.

Salah satu petugas PPS di TPS 4 Desa Kertosari, Kecamatan Tanjungsari, Lampung Selatan, Supardi, Rabu, mengatakan di TPS tersebut bahwa dari 367 warga yang terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) hanya 303 yang menggunakan hak pilihnya.

Sedangkan 52 lainnya tidak hadir untuk menggunakan hak pilihnya sampai TPS ditutup.

Selain itu, Petugas PPS di TPS 5 desa yang sama, Sugianto mengatakan, dari 374 warga yang terdaftar hanya 36 diantaranya tidak hadir untuk menggunakan hak pilihnya.

Selain itu, banyak suara yang tidak sah karena banyak warga yang kurang faham tata cara pencoblosan itu.

Kemudian, banyak warga yang hanya memilih partai saja karena tidak tahu para tokoh legislator  yang akan dipilihnya.

Salah satu warga setempat, Handoyo, mengatakan memang warga kurang mendapat sosialisasi dari penyelenggara maupun para legislator sehingga banyak yang tidak tahu untuk memilih.

Bahkan sebagian besar warga banyak yang tidak tahu tata cara percoblosan itu karena merupakan warga perdesaan yang berprofesi sebagai petani.

"Untuk pemilu kedepan perlu sosialisasi optimal dari petugas penyelenggara," ujarnya.

Hingga sekarang, petugas masih merekap suara yang masuk di sejumlah TPS daerah itu.